Passive Voice

October 15, 2016
Blog, Tips

Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif, Perbedaan dan Penggunaannya

 

Hai teman-teman! Bagaimana, apakah kalian masih semangat belajar bahasa Inggrisnya? Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara menggunakan bentuk kalimat aktif dan pasif dalam bahasa Inggris. Ya, pasti kalian penasaran, apa sebenarnya yang dimaksud dengan kalimat aktif dan pasif itu. Untuk itu, mari kita bahas dengan singkat dan jelas bersama-sama.

passive-voice

Kalimat Aktif (active sentence)

Sebuah kalimat dinyatakan sebagai kalimat aktif ketika subjek (s) kalimat tersebut dengan aktif melakukan suatu tindakan atau kegiatan.

Dengan kata lain, subjek kalimat tersebut berperan sebagai pelaku. Sementara tindakan atau kegiatan dari subjek tersebut dinyatakan melalui predikat (p) kepada objek (o) kalimat.

Tidak perlu bingung teman-teman, mari kita lihat contoh kalimat aktif berikut ini:

  • I watch The Good Dinosaurs. (Saya menonton film The Good Dinosaurs)
  • Emily buys a new bag. (Emily membeli sebuah tas baru)
  • Richard and James bring some foods to the table. (Richard dan James membawa beberapa makanan ke meja).

 

Perhatikan setiap subjek pada contoh kalimat di atas. Ketiga subjek dalam kalimat-kalimat tersebut adalah I, Emily,dan Richard–James. Subjek-subjek tersebut dengan aktif melakukan suatu kegiatan. Contohnya saja, pada kalimat pertama I (s) dengan aktif melakukan sebuah kegiatan yaitu menonton (p), dan yang menjadi tontonan atau objeknya (o) adalah film The Good Dinosaurs.

Lalu, perhatikanlah contoh kedua. Subjek pada kalimat kedua adalah Emily yang membeli (p) sebuah tas baru (o). Sama halnya dengan kalimat pertama, kalimat yang kedua ini juga menunjukkan subjek yang aktif melakukan suatu kegiatan. Kita dapat mengenali kalimat aktif ini melalui predikatnya. Demikian juga dengan kalimat ketiga. Kedua subjek dalam kalimat ketiga membawa makanan ke atas meja. Kalimat ini memperkuat posisi subjek subjek dalam sebuah kalimat aktif, yaitu sebagai pelaku. Kalimat Pasif (passive sentence) Jika kalimat aktif subjeknya melakukan sebuah kegiatan atau tindakan, maka kalimat pasif justru sebaliknya.

Teman-teman dapat melihat perbedaannya melalui contoh kalimat di bawah ini:

  • The Good Dinosaurs is watched by me. (Film The Good Dinosaurs ditonton oleh saya).
  • A new bag is bought by Emily. (Sebuah tas baru dibeli oleh Emily).
  • Some foods are brought to the table by Richard and James. (Beberapa makanan dibawa oleh Richard dan James ke meja).

 

Pada contoh kalimat di atas, jelas bahwa subjek kalimat tidak melakukan suatu tindakan atau kegiatan secara aktif. Sedangkan objek diletakkan di depan kalimat. Jika dalam kalimat aktif teman-teman mengatakan apa yang dilakukan oleh subjek kalimatnya, maka dalam kalimat pasif teman-teman menyatakan apa yang terjadi pada subjeknya. Akan tetapi, walaupun aturan penulisan serta pengucapannnya berbeda, kedua kalimat ini memiliki makna yang sama.

 

Bagaimana Mengubah Kalimat Aktif Menjadi Pasif?

Nah, teman-teman, kalian harus teliti dengan cara menggunakan bentuk kalimat aktif dan pasif. Mengapa? Bahasa Inggris memiliki peraturan mengenai perubahan kata kerja. Perubahan tersebut disesuaikan dengan waktu atau biasa dikenal dengan tenses. Perlu diingat, ketika teman-teman mengubah kalimat aktif menjadi pasif tenses-nya juga perlu diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa contoh perubahan kalimat aktif ke pasif sesuai dengan tensesnya:

Present Simple

Kalimat aktif:                           • Somebody cleans this room every day. (Seseorang membersihkan ruangan ini setiap hari.)

Kalimat pasif:                         • This room is cleaned by somebody every day. (Ruangan ini dibersihkan oleh seseorang setiap hari.)

 

Pada present simple kata kerja yang digunakan adalah kata kerja bentuk pertama atau verb 1. Oleh karena itu, teman-teman perlu menggunakan to be simple present untuk membentuk kalimat pasif, yaitu is, am, dan are. Lalu setelah meletakkan to be, kata kerja atau verb dirubah menjadi bentuk kata kerja ketiga.

Pada contoh kalimat di atas kata kerja clean ditambahkan ed menjadi cleaned (Bentuk Kata Kerja ke tiga)

 

Simple Past

Kalimat aktif:                           • Somebody cleaned this room yesterday. (Seseorang membersihkan ruangan ini kemarin.)

Kalimat pasif:                         • This room was cleaned by somebody yesterday. (Ruangan ini dibersihkan oleh seseorang kemarin.)

 

Pada contoh kalimat di atas terlihat jelas bahwa to be yang digunakan serta kata kerja atau verb-nya disesuaikan dengan past simple tense. To be yang digunakan adalah was atau were dan verb yang digunakan adalah verb 3.

 

Present Perfect

Present perfect menggunakan has dan have serta verb 3. Dalam penggunaan tenses ini, teman-teman hanya perlu meletakkan been diantara to be dan verb 3.

Perhatikan contoh:

Kalimat aktif : John has eaten an apple. (John telah memakan sebuah apel.)

Kalimat pasif : An apple has been eaten by John. (Sebuah apel telah dimakan oleh John)

Bagaimana teman-teman? Gampang kan memahami cara menggunakan bentuk kalimat aktif dan pasif?

Baiklah, kalau begitu selamat belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *