Inilah Perbedaan Mendasar yang Harus Kamu Tahu Antara American English dan British English

May 22, 2017
Blog

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa Internasional yang sudah banyak digunakan di berbagai negara. Mengapa Bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional?

Mungkinkah kamu pernah menanyakan hal seperti itu?

Untuk kamu ketahui, Negara Inggris memiliki jumlah jajahan terbanyak di dunia dan merupakan bahasa yang paling tertua karena berasal dari abad ke-8 Masehi, dengan demikian awal mulanya ditetapkan Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional bukanlah tanpa sebab, karena memang memiliki nilai historis yang panjang dan telah diakui negara manapun.

Nah untuk kamu yang sedang belajar mendalami Bahasa Inggris, ada 2 versi Bahasa Inggris yakni American English dan British English.

Walaupun sama-sama menggunakan Bahasa Inggris ada perbedaan mendasar antara American English dan British English yang wajib kamu tahu.

1. Aksen

aksen yang harus diperhatikan
aksen menjadi salah satu perbedaan yang mendasar

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa itu aksen?

Aksen adalah suatu penekanan yang dilakukan saat mengucapkan kata ataupun kalimat. Mungkin salah satu dari kalian pernah mendengarkan aksen Amerika ataupun British namun karena belum sadar mengenai perbedaan ini, kalian menganggap hal itu tidak ada bedanya.

Salah satu pembeda antara American English dan British English yaitu dapat dikenali dari aksen yang diucapkan seseorang.

Pernahkah kamu mendengar percakapan dalam Bahasa Inggris yang begitu cepat hingga kamu tidak memahami maksudnya? atau mendengar seorang native speaker berbicara? Biasanya jika kamu tidak bisa mendengarkan apa yang diucapkan, kemungkinan besar dia menggunakan aksen British.

Kamu bisa mencoba mendengarkan perbedaan aksen Amerika & British melalui youtube, dan kamu akan mendengar dengan jelas betapa berbedanya aksen orang Amerika dan Orang Inggris saat berbicara.

 

2. Kosa Kata

kosa kata
perbedaan kosa kata juga menjadi perbedaan antara America English dan British English

Untuk hal ini akan lebih mudah diidentifikasi dibandingkan dengan mencoba mendengarkan aksen orang Amerika ataupun Inggris asli.

Perbedaan selanjutnya bisa diketahui dari penulisan kosa kata. Walaupun berbeda tulisan namun tetap saja kosa kata yang ada memiliki makna yang sama (hanya berbeda gaya penulisannya saja).

Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat perbedaan kosa katanya berikut ini.

  • American English: Center, Offense, Airplane, Color, Favorite, Realize
  • British English: Centre, Offence, Aeroplane, Colour, Favourite, Realise

Pada dasarnya gaya penulisan juga menjadi salah satu faktor pembeda antara American English dan British English karena hal ini berpengaruh pada kosa kata yang akan diucapkan.

Kamu bisa mencari perbedaan lainnya untuk contoh jenis penulisan penambahan akhiran dan contoh kosa kata lainnya yang bisa kamu ketahui melalui internet, kamus ataupun media lainnya. Kamu harus lebih banyak belajar dan latihan rutin untuk membuat kemampuan dan pengetahuan Bahasa Inggris kamu semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *